Waspada Penyakit Hemoroid, Tidak Berbahaya Tetapi Menyakitkan!

Waspada Penyakit Hemoroid, Tidak Berbahaya Tetapi Menyakitkan!

11 May 2020 0
wasir-digestihealth.jpg?time=1596596340

Penyakit ini lebih dikenal dengan sebutan wasir dikalangan masyarakat. Menurut dunia kedokteran hemoroid merupakan pembesaran atau pembengkakan pembuluh darah. Adapun pembengkakan ini terjadi pada bagian ujung usus besar atau rektum dan daerah anus atau dubur.

Wasir memang tidak berbahaya tetapi jika dibiarkan berlarut-larut akan menyakitkan dan membuat tidak nyaman. Selain itu, penyakit yang satu ini tidak memandang usia berapa manusia yang terinfeksi virusnya. Tetapi, secara umum wasir terjadi saat usia mulai menginjak setengah abad atau 50 tahun ke atas.

Klasifikasi Hemoroid

Dalam beberapa kasus wasir tidak menimbulkan keluhan. Namun, penderita akan merasakan perih, tidak nyaman, gatal-gatal pada bagian anus. Tidak jarang wasir menyebabkan pendarahan yang muncul melalui anus pada lansia.

Pembuluh darah sekitar anus tersebut semakin hari akan membesar dan membuat penderita tidak nyaman saat duduk. Gambaran dari pembuluh darah membesar tersebut merupakan bantalan anal. Sesungguhnya wasir memang ada dalam bagian tubuh tiap manusia. Hanya saja ketika keadaan tidak normal menimbulkan terbentuknya bantalan membesar.

Banyak disamakan dengan kanker karena wasir memiliki klasifikasi tersendiri. Menurut dunia kedokteran klasifikasi penyakit tersebut terbagi dalam :

  • Stadium pertama, dimana kondisi penderita akan mengalami pendarahan pada bagian dalam anus atau saluran pembuangan;
  • Stadium kedua, ditemukannya benjolan dalam anus yang mulai menonjol keluar saat sedang mengejan. Namun setelah selesai mengejan atau buang air, benjolan akan menghilang dengan sendirinya;
  • Stadium ketiga, benjolan yang ditemukan pada lubang anus tetap menonjol keluar usai mengejan. Untuk memasukkannya kembali harus menggunakan dorongan dengan jari tangan;
  • Stadium keempat, kondisi tingkatan tersebut cukup memprihatinkan atau serius karena benjolan pada anus sulit didorong agar masuk ke dalam.

Penyebab

Ternyata penyebab wasir atau faktor pendorong wasir mencapai keadaan abnormal sangat banyak. Jika dilihat-lihat faktor tersebut sangat umum terjadi pada manusia seperti diare atau konstipasi terus menerus, mengejan berlebihan saat buang air besar.

Selain itu, kebiasaan duduk berlama-lama diatas toilet juga dapat menjangkit wasir pada keadaan abnormal. Bagi wanita hamil juga dapat mengalaminya karena tekanan dari janin dalam perut semakin membesar. Kemudian, tekanan karena mengejan saat persalinan membuat pembuluh darah sekitar anus menjadi membesar.

Penyebab lainnya yang mendorong wasir abnormal berkembang lebih cepat seperti memiliki berat badan berlebihan atau obesitas. Wasir juga dapat berasal dari penyakit keturunan apabila riwayat penyakit dalam keluarga ada yang penderita wasir.

Adapun penyebab tidak umum atau berasal dari penyakit tertentu dengan ditemukannya tumor intra-abdominal (pelvis) pada anus. Anda juga wajib menjaga pola makan yang banyak mengandung serat. Jika tidak mengonsumsi makanan berserat potensi terkena wasir lebih besar.

Gejala

Perhatikan pada tahapan awal penderita wasir, biasanya menunjukkan beberapa gejala umum dan kurang disadari. Misalnya perubahan pola buang air besar atau BAB dalam kondisi ini mengalami diare. Saat membuang tinja merasa kurang nyaman dan selalu merasa belum tuntas.

Tinja yang keluar timbul bercak darah, tingkat kepadatannya lebih sempit dari yang biasanya. Tidak jarang pula merasa gatal-gatal pada bagia anus hingga ketika digaruk atau disentuh terdapat benjolan nyata. Usai mengejan atau BAB sering merasakan sakit.

Bagi beberapa penderita akan mengalami penyusutan berat badan. Adapun penyebabnya karena selera makan yang semakin menghilang. Memang jika semua gejala ini Anda rasakan, tidak jarang orang menyimpulkan sebagai gejala kanker kolorektal.

Agar mendapatkan pemeriksaan yang detail sebaiknya segera berkonsultasi ke dokter. Salah satu dokter yang terpercaya dapat Anda temukan melalui situs digestihealth.com, dr peter ian limas.

Metode Penyembuhan

1.Terapi

Metode awal penyembuhan biasanya dilakukan terapi wasir. Tergantung dari jenis penyakitnya dan seberapa parah kondisi penderita. Pada umumnya, tahapan awal tersebut dokter menganjurkan tindakan pencegahan hemoroid sederhana. Contohnya meningkatkan konsumsi pangan berserat dan minum air putih atau mineral secukupnya.

Barulah setelah cara tersebut tidak manjur akan dilakukan terapi lebih lanjut. Misalnya, larutan kimia yang disuntikkan dalam wasir, agar pembengkakan dapa menyusut dan cepat lepas. Umumnya terapi penyuntikan ini manjur pada stadium pertama dan stadium kedua.

Adapula terapi yang menggunakan alat khusus dimasukkan dalam anus guna mengikat pembuluh darah. Sebab, pembuluh darah tersebut yang menyalurkan darah menuju wasir. Pada stadium pertama dan stadium kedua juga dilakukan terapi ikatan karet  atau ligasi. Ikatan karet oleh dokter akan ditempatkan pada area wasir guna memotong penyaluran darah.

2.Obat-obatan

Agar penyembuhan penyakit ini benar-benar maksimal dan cepat biasanya dibarengi dengan konsumsi obat. Biasanya penderita atau pasien diberikan obat makan dan obat salep. Pengobatan menggunakan tablet atau suppositoria bekerja maksimal untuk terapi wasir kecil yang masih stadium pertama.

3.Pembedahan

Apabila wasir tidak kunjung sembuh dan penderita sudah mengalami hal ini selama lebih dari satu tahun maka akan melewati pembedahan. Operasi atau pembedahan juga dapat dilakukan pada penderita stadium lanjut yakni tiga dan stadium empat. Pada beberapa orang dilakukan operasi lebih dari satu kali karena wasir rentan terjangkit jika pola hidup tidak dijaga.

Dua Jenis Hemoroid

Faktanya hemoroid atau wasir terbagi dalam dua jenis yakni internal dan eksternal. Pada penderita wasir eksternal akan mengalami pada bukaan anal dan dilapisi kulit. Bungkusan kulit tersebut tidak dapat dianggap enteng karena terdapat saraf dimana dapat menimbulkan rasa perih. Selain itu, tidak jarang diikuti rasa terbakar dan gatal-gatal.

Sementara, wasir internal terdapat dalam kanal anal. Penderita tidak dapat melihat benjolan karena tidak terlapisi oleh kulit. Sehingga penderita tidak dapat merasakan simtom. Seperti wasir pada umumnya dapat menjangkit terjadinya pendarahan. Apabila kondisi penderita wasir internal semakin parah tidak heran jika terlepas, bahkan dapat keluar dari lubang anus.

Bahaya Wasir Jika Tidak Segerta Diobati

Memang penyakit ini tidak berbahaya tetapi bila disepelekan dapat memicu penyakit lain hingga komplikasi. Berikut beberapa penyakit berbahaya yang bisa timbul jika wasir tidak segera diatasi.

1.Memicu Terjangkitnya Sel Kanker Anus

Tidak jarang pendarahan dan peradangan terjadi pada anus untuk jangka waktu panjang. Kondisi tersebut diperlukan penanganan medis yang serius agar tidak terjadi infeksi. Infeksi tersebut dapat membuat sel dalam keadaan abnormal yang ujung-ujungnya menjadi kanker anus.

2.Luka Bernanah

Penderita wasir sangat rentan mengalami luka karena terjadinya tekanan atau gesekan. Luka yang dibiarkan dapat mengundang virus dan bakteri mengendap. Alhasil, keadaan paling parah bisa berakibat bernanah.

3.Jaringan Mati Hingga Membusuk

Jika penderita telah mengalami komplikasi wasir keluar dari lubang anus, umumnya akan terjepit otot lingkar. Wasir yang terjepit berakibat aliran darah berjalan tidak lancar dan menyumbat. Penyumbatan tersebut mengakibatkan pembekuan dan akhirnya membuat jaringan sel mati dan membusuk.

4.Strangulata Wasir

Stangulata wasir memang jarang diketahui, merupakan komplikasi wasir diakibatkan dari suplai darah ke internal wasir yang terputus. Dalam kondisi tersebut, wasir penderita akan terjepit akibatnya timbul  rasa sakit yang sangat luar biasa.

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


About Us


Digestihealth merupakan penyatuan dari usaha memberikan pelayanan bedah digestif yang baik dengan cara menyatukan pengetahuan dan kemampuan.

Usaha memperdalam ilmu bedah digestif juga dilakukan dengan memperdalam bidang masing-masing agar bidang yang didalami tidak terlalu luas.

Recent post


Follow us

Design & Develpment by ROYANRM.COM

Chat Dokter Sekarang