Prosedur Yang Harus Dilakukan Saat Operasi Wasir

Prosedur Yang Harus Dilakukan Saat Operasi Wasir

10 May 2020 0
understandinghemorrhoidsbasics-hemorrhoids.jpg?time=1596596340

Operasi wasir merupakan salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk mengobati ambeien. Jenis penyakit ini sering dialami oleh semua kalangan mulai dari wanita hingga pria. Biasanya pertama kali pasien akan diberikan penanganan seperti pemberian obat. Namun jika hal tersebut dianggap tidak efektif maka biasanya dokter akan menyarankan untuk melakukan operasi.

Untuk mendapatkan penanganan operasi wasir yang tepat, maka Anda harus memilih dokter yang tepat dan pengalaman. Kebanyakan orang sering merasa khawatir jika harus menjalani sebuah operasi. Namun dengan memilih dokter yang tepat maka Anda bisa merasa tenang dan dapat berkonsultasi dengan lebih nyaman.

Cara Mengobati Wasir

Terdapat beberapa cara pengobatan wasir yang bisa dilakukan sebelum memutuskan untuk operasi wasir. Pengobatan ringan menjadi salah satu alternatif yang lebih mudah untuk dilakukan. Penyakit wasir bisa diderita oleh siapa saja. Memang penyakit ini tidak termasuk parah atau tidak membahayakan. Namun bisa berakibat serius bisa Anda biarkan secara terus menerus.

Berbagai gangguan seperti nyeri saat duduk atau tidak nyaman beraktivitas bisa menjadi salah satu dampak wasir Anda mulai serius. Jika kondisi wasir belum serius maka Anda bisa menggunakan cara dibawah ini untuk mengobatinya. Apa saja cara pengobatan wasir yang bisa dilakukan berikut informasinya.

  • Minum air minimal 8 gelas perhari
  • Penggunaan salep
  • Skleroterapi
  • Minum obat penghilang rasa sakit seperti ibuprofen, aspirin dan paracetamol.
  • Kompres dengan air dingin
  • Metode ligasi pita karet
  • Sitz bath dengan menggunakan air berkondisi hangat
  • Mengkonsumsi makanan yang memiliki serat tinggi

Jika beberapa pengobatan sederhana di atas belum bisa mengatasi wasir dengan baik, maka Anda harus memeriksakan diri kepada dokter. Dengan berkonsultasi langsung pada ahlinya, maka Anda bisa mendapatkan cara pengobatan yang lebih efektif dan sesuai. Dengan begitu masalah yang Anda alami bisa terselesaikan dengan lebih cepat tanpa efek samping.

Beberapa Prosedur Yang Harus Dilakukan Saat Operasi Wasir

Jika berbagai penanganan yang dicoba tidak membuahkan hasil atau dianggap tidak efektif, maka solusi terakhirnya adalah operasi wasir. Hal ini biasanya ditentukan oleh dokter yang memeriksa Anda. Jika ukurannya sudah terlalu besar maka bisa membahayakan, untuk itu harus dilakukan penanganan berupa operasi.

Sebelum melakukan operasi wasir, Anda perlu mengetahui beberapa prosedurnya terlebih dahulu. Prosedur ini harus dipenuhi agar proses operasi bisa berjalan dengan lancar dan tidak menyebabkan efek samping. Apa saja prosedur tersebut, berikut penjabarannya.

  1. Hemoroidektomi

Prosedur pengangkatan ambeien ini dilakukan dengan cara memotong sebuah bagian yang terdapat di daerah anus. Pembuluh darah yang mengalami pembengkakan akan diikat untuk mencegah terjadinya proses pendarahan. Saat melakukan proses ini, pasien akan dibius secara total sehingga tidak merasakan apapun, bahkan mungkin rasa sakit.

Hal ini dilakukan agar pasien bisa lebih tenang menjalani operasi. Ketika setelah melakukan prosedur ini maka pasien harus melakukan pemulihan sekitar dua minggu atau bisa lebih. Pada beberapa orang mungkin akan mengalami nyeri setelah melakukan prosedur ini. Jika rasa nyeri terlalu berlebihan maka Anda harus berkonsultasi pada dokter.

  1. Ligasi bagian arteri hemoroid

Prosedur ini digunakan untuk mengurangi aliran darah ke bagian ambeien. Hal ini dilakukan untuk mengurangi bagian yang berlebihan pada luar anus. Prosedur ini dilakukan dengan memasukkan alat khusus yang mampu menghasilkan gelombang tinggi atau yang biasa disebut dengan pemeriksaan ultrasonografi pada bagian dalam anus.

Gelombang yang dihasilkan oleh alat ini akan memudahkan dokter untuk menemukan bagian pembuluh darah yang mengalami pembengkakan. Lokasi pembengkakan akan dijahit sehingga alirannya terputus. Prosedur ini memungkinkan bagian pembuluh darah yang sebelumnya mengalami pembengkakan akan kempes.

Durasi pengempisan pembuluh darah setelah prosedur bisa terjadi dengan cepat dan hanya memakan waktu beberapa hari saja.

  1. Stapled hemorrhoidopexy

Prosedur ini juga biasa dikenal dengan proses strapling. Proses ini dilakukan untuk menyusutkan bagian yang mengalami pembengkakan dengan cara menjepit bagian terakhir dari usus besar. Biasanya prosedur ini dilakukan pada kondisi ambeien yang sudah menggantung di bawah anus.

Jika tidak segera diatasi maka ambeien yang sudah keluar bisa mengakibatkan rasa nyeri saat duduk. Proses pemulihan saat melakukan prosedur ini bisa dibilang cukup singkat hanya sekitar 7 hari setelah operasi dilakukan. Dalam saat pemulihan, kondisi pasien harus dicek secara berkala agar tidak mengalami komplikasi dan lain sebagainya.

  1. Terapi koagulasi

Prosedur ini bisa dikatakan sebagai yang paling modern karena menggunakan cahaya berbentuk infrared saat diterapkan. Cahaya ini akan membuat jaringan pada pembuluh darah menjadi keras sehingga darah tidak lagi dialirkan pada lokasi ambeien. Setelah menjalani prosedur ini biasanya ambeien akan mengecil dan hilang.

Namun prosedur ini hanya bisa dilakukan pada satu ambeien saja, jika penderita memiliki ambeien lebih dari satu maka harus menjalani prosedur tersebut secara berulang kali. Tetapi Anda tidak boleh langsung melakukan prosedur ini secara berturut-turut. Anda perlu menunggu 10-14 hari setelah koagulasi pertama sebelum melakukan yang selanjutnya.

Hal tersebut dilakukan untuk memastikan bagian yang mengalami koagulasi sembuh terlebih dahulu agar tidak mengalami efek samping.

Bagaimana Kondisi Pasien Setelah Operasi Wasir Dilakukan

Pengobatan sederhana biasanya dilakukan sebagai langkah awal untuk mengobati wasir. Namun jika pengobatan tersebut tidak mengurangi kondisi wasir yang dialami maka tidak ada jalan lain yaitu harus operasi. Setelah menjalani operasi bisa saja terjadi beberapa komplikasi pada tubuh pasien. Hal ini bisa saja terjadi karena kondisi pasien yang tidak stabil dan lain sebagainya.

Setelah menjalani operasi Anda akan diberikan obat bius, dimana obat tersebut akan bekerja kurang lebih selama 6-12 jam. Obat bius ini diberikan untuk mengurangi rasa nyeri setelah dilakukannya operasi. Jika kondisi pasien membaik setelah obat bius selesai bekerja maka artinya kondisi pasien aman dan dibolehkan untuk langsung pulang.

Tetapi jika terjadi efek samping lainnya maka pasien harus melakukan pemeriksaan lebih lanjut biasanya sebelum pulang pasien diharuskan buang air kecil terlebih dahulu. Namun beberapa orang seringkali kesulitan untuk melakukan hal tersebut karena terjadi pembengkakan pada otot pelvis. Untuk itu buang air kecil bisa menandakan bahwa kondisi pasien sudah lebih baik.

Untuk mencegah ambeien tumbuh kembali, sebaiknya Anda perlu melakukan perawatan seperti menjaga pola makan dan hidup dengan sehat. Usahakan untuk menghindari makanan pedas terlebih dahulu. Selain itu jangan lupa untuk minum air minimal 8 gelas sehari. Beberapa hal ini bisa membantu Anda untuk memulihkan tubuh dengan cepat setelah operasi.

Setiap rumah sakit akan memiliki harga yang berbeda-beda untuk penanganan operasi ambeien ini. Anda bisa menghubungi digestihealth.com, Dr Peter Ian Limas untuk berkonsultasi mengenai penyakit yang Anda derita dan mendapatkan solusi pengobatan yang terbaik. Anda bisa membuat janji dengan mengakses website. Dengan cepat Anda bisa mendapatkan informasi yang dibutuhkan.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


About Us


Digestihealth merupakan penyatuan dari usaha memberikan pelayanan bedah digestif yang baik dengan cara menyatukan pengetahuan dan kemampuan.

Usaha memperdalam ilmu bedah digestif juga dilakukan dengan memperdalam bidang masing-masing agar bidang yang didalami tidak terlalu luas.

Recent post


Follow us

Design & Develpment by ROYANRM.COM

Chat Dokter Sekarang