Prosedur Bedah Wasir

10 May 20200HemoroidWasir

Prosedur Bedah Wasir

10 May 2020 0
wasir-3-disgestihelath.jpg?time=1620780960

Ambeien atau wasir adalah penyakit yang dialami oleh banyak orang. Orang yang memiliki wasir akan merasa tidak nyaman saat melakukan aktivitas. Jika sudah terlalu mengganggu aktivitas, ada baiknya untuk memeriksakannya kepada dokter. Apabila hasil pemeriksaan wasir sudah parah, maka biasanya dokter akan menyarankan untuk melakukan tindakan bedah wasir.

Penyakit wasir atau ambeien

Ambeien atau wasir merupakan penyakit yang terjadi di sekitar area anus (rektum) diakibatkan oleh pembengkakan pembuluh darah vena. Penyebab wasir tidak diketahui secara pasti, namun kemungkinan penyakit ini bisa diakibatkan oleh tekanan yang terjadi dalam pembuluh darah yang meningkat di sekitar dan dalam area anus.

Ambeien dapat menyerang perempuan atau laki-laki pada usia dewasa, namun lebih banyak dialami oleh orang dewasa pada umur 50 tahun ke atas. Wasir bisa dihilangkan dengan cara operasi. Operasi dilakukan jika penyakit wasir yang terjadi sudah terlalu parah.

Operasi wasir merupakan suatu prosedur yang dilakukan untuk menghilangkan ambeien yang ada di sekitar rektum, baik itu wasir di bagian luar atau bagian dalam yang berukuran besar. Wasir yang parah biasanya sudah keluar dari dinding rektum menuju anus, oleh karena itu lebih baik dilakukan operasi untuk menghilangkan  wasir yang ada.

Terdapat beberapa kondisi yang membuat dokter menyarankan pasien untuk melakukan tindakan operasi ambeien, yaitu:

  1. Wasir yang ada di bagian luar atau dalam.
  2. Wasir dalam dengan ukuran yang sudah besar dan memiliki derajat tiga ke atas.
  3. Wasir dalam yang tidak kunjung sembuh setelah dilakukan pengobatan sendiri.
  4. Pasien yang sebelumnya sudah pernah operasi, namun operasi tersebut tidak berhasil.
  5. Wasir eksternal (luar) yang membuat pasien sulit beraktivitas dan sulit untuk membersihkan area anus.

Bagi penderita ambeien, Anda harus menjaga pola makan lebih baik untuk menghindari terjadinya sulit buang air besar. Kebiasaan mengejan terlalu kuat ketika buang air besar akan memicu terjadinya wasir. Sehingga, Anda harus memerhatikan asupan makanan setiap hari, perbanyak konsumsi makanan berserat tinggi.

Apabila setelah berkonsultasi dengan dokter dan disarankan untuk melakukan tindakan operasi, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Pasien perlu memberitahu dokter jika merupakan seorang perokok. Merokok akan membuat Anda lebih lama pulih setelah operasi. Pasien juga perlu memberi tahu cara apa saja yang sudah dilakukan untuk mengobati penyakit wasir yang dilakukan selama ini.

Mungkin, dokter akan meminta Anda menghentikan penggunaan obat-obatan yang selama ini dikonsumsi untuk mengobati wasir. Lebih baik Anda menuruti setiap saran dokter, agar operasi berlangsung dengan baik dan masa pemulihan pasca operasi berlangsung dengan cepat.

Prosedur melakukan bedah wasir

Prosedur melakukan operasi wasir ada beberapa cara. Salah satunya adalah hemoroidektomi. Pada bedah ini, dokter akan melakukan pembedahan pada bagian yang mengalami pembengkakan, kemudian mengikat pembuluh darah vena sehingga tidak terjadi pendarahan di sana. Operasi ini bisa dilakukan menggunakan pisau atau scalpel, alat yang menggunakan listrik, atau leser.

Hemoroidektomi yang dilakukan secara konvensional memerlukan sayatan kecil di bagian anus guna memotong ambeien. Saat melakukan bedah ambeien, dokter biasanya akan memberikan bius umum. Bius perlu digunakan agar pasien tidak merasa sakit ketika operasi sedang berlangsung. Setelah operasi, pasien juga akan diberi lagi bius lokal yang bisa bertahan 6 sampai 12 jam.

Sementara itu, ada prosedur yang diberi nama stapled hemorrhoidopexy atau bisa disebut stapling. Stapling adalah salah satu prosedur bedah wasir selain hemoroidektomi secara konvensional. Prosedur ini akan memerlukan alat khusus untuk menempatkan wasir di tempatnya yang normal.

Setelah menjalani operasi dan pasien langsung merasa sedikit pulih dan membaik, maka dokter akan menyuruh pasien untuk pulang, sehingga tidak perlu menginap. Tetapi, sebelum pasien pulang, pasien harus bisa buang air kecil terlebih dahulu. Beberapa orang yang mengalami prosedur operasi wasir akan merasa susah buang air kecil, hal tersebut mungkin saja terjadi akibat pembengkakan.

Untuk mengobati dan membersihkan bagian anus, biasanya pasien akan diminta untuk merendam pantan menggunakan air hangat selama 15 sampai 20 menit. Merendam dengan air hangat akan membuat kondisi sekitar rektum menjadi lebih nyaman sekaligus untuk membersihkan. Jangan lupa untuk menanyakan berapa kali pasien harus merendam penggunakan air hangat demi kenyamanan.

Pasien juga bisa memberikan kompresan yang berisi air dingin atau es batu pada bagian sekitar anus. Kompres dengan air dingin akan membuat kondisi sekitar anus lebih nyaman dan bisa mengurangi bagian yang bengkak. Selain itu, pasien juga mengonsumsi makanan yang lembut, seperti pisang. Setelah merasa lebih baik, pasien bisa mengonsumsi makanan seperti biasanya lagi.

Proses pemulihan atau recovery setiap pasien berbeda-beda. Umumnya proses pemulihan akan berlangsung selama 2 minggu. Tetapi, bagi Anda yang ingin merasa benar-benar sembuh, Anda bisa menunggunya 3 sampai 5 minggu untuk proses pemulihan yang maksimal.

Saat proses pemulihan bedah wasir, banyak pasien yang merasa tidak nyaman dan sakit di daerah sekitar anus sampai dengan waktu 3 minggu setelah operasi. Namun, tidak sedikit juga pasien yang merasa lebih baik pada akhir minggu pertama setelah proses pembedahan oleh dokter.

Agar pasien merasa lebih nyaman, biasanya dokter akan memberikan beberapa obat, seperti obat pereda nyeri, obat pencahar, serta obat pelunak feses untuk menghindari proses buang air besar yang keras. Saat waktu pemulihan, pasien disarankan untuk banyak mengonsumsi makanan berserat tinggi dan banyak minum air putih agar terhindar dari sembelit.

Wajar apabila pasien merasa nyeri ketika membungkuk, pindah posisi dari berdiri ke duduk, atau ketika jongkok setelah melakukan operasi wasir. Ketika beberapa hari pertama setelah bedah, sebaiknya pasien tidak terlalu banyak bergerak dan mengurangi aktivitas yang akan memicu nyeri.

Banyak orang yang melakukan operasi wasir, dikarenakan operasi ini memiliki tingkat keberhasilan yang tinggi. Namun, tentu saja diiringi dengan usaha pasien untuk hidup dengan sehat. Jika, pasien sering mengalami susah buang air besar di kemudian hari, maka akan ada kemungkinan bahwa orang tersebut perlu melakukan operasi lagi.

Setiap operasi biasanya memiliki efek samping yang mungkin bisa terjadi setelah operasi. Beberapa efek samping dari operasi wasir, misalnya sulit menahan buang air besar, infeksi di bagian sekitar anus, pendarahan dekat anus, feses terjebak di saluran pembuangan, dan efek lainnya.

Untuk mengurangi efek samping yang bisa ditimbulkan setelah tindakan operasi, pasien perlu sadar untuk menerapkan pola hidup sehat setiap hari. Makanan makanan berserat, minum air putih yang banyak, dan olahraga setiap hari agar tubuh lebih cepat pulih dan bisa beraktivitas normal.

 

Tingkat keberhasilan operasi juga ditentukan oleh pasien, bagaimana pasien tersebut menjalani hidupnya setelah operasi. Bagi Anda yang ingin lebih tahu lagi mengenai bedah wasir, Anda bisa mengunjungi digestihealth.com untuk infrormasi yang lebih lengkap. Di sana, Anda bisa menemukan dr. Peter Ian Limas yang akan menjawab segala kebutuhan Anda mengenai masalah wasir.

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


About Us


Digestihealth merupakan penyatuan dari usaha memberikan pelayanan bedah digestif yang baik dengan cara menyatukan pengetahuan dan kemampuan.

Usaha memperdalam ilmu bedah digestif juga dilakukan dengan memperdalam bidang masing-masing agar bidang yang didalami tidak terlalu luas.

Recent post


Follow us

Design & Develpment by ROYANRM.COM

Chat Dokter Sekarang