Persiapan Dan Prosedur Operasi Laser Untuk Wasir

Persiapan Dan Prosedur Operasi Laser Untuk Wasir

11 May 2020 0
operasi-wasir-dr-peter-ian-limas.jpg?time=1596543443

Operasi laser untuk wasir banyak dipilih karena dirasa lebih efektif dibandingkan dengan metode yang lainnya. Selain lebih cepat, metode ini diketahui tidak memiliki efek samping ataupun rasa sakit yang berlebihan. Meskipun harus mengeluarkan biaya yang lebih besar namun kebanyakan pasien lebih nyaman memilihnya.

Persiapan Operasi Laser Untuk Wasir

Sebelum menjalani operasi laser untuk wasir perlu dilakukan beberapa persiapan terlebih dahulu. Persiapan ini dilakukan agar Anda bisa mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik misalnya dokternya, rumah sakitnya, metodenya dan lain sebagainya. Untuk itu berikut akan dijabarkan tentang beberapa persiapan yang harus dilakukan sebelum menjalani operasi wasir.

  1. Pilih rumah sakit yang menyediakan layanan operasi laser untuk wasir

Pilihlah rumah sakit yang memiliki fasilitas dan alat bedah yang lengkap, sebab tidak rumah sakit menyediakan metode operasi wasir dengan menggunakan laser. Anda bisa menanyakannya terlebih dahulu untuk mendapatkan informasi yang lebih jelas.

Biasanya rumah sakit yang memiliki layanan lengkap adalah rumah sakit yang sudah berdiri lama dan berpengalaman.

  1. Memilih dokter yang ahli dalam bidang wasir

Sebelum menjalani operasi Anda tentu harus berkonsultasi pada pihak dokter terlebih dahulu. Pilihlah dokter yang berpengalaman untuk menangani wasir. Dengan begitu Anda bisa berkonsultasi bersama dokter yang mampu memahami kondisi Anda secara menyeluruh.

Hal ini juga memungkinkan Anda untuk bisa mendapatkan penanganan yang tepat dan bisa mengobati wasir yang diderita dengan lebih efektif. Dokter akan merencanakan operasi sesuai dengan kondisi medis pasiennya.

  1. Hindari mengkonsumsi obat-obatan

Sebelum Anda melakukan operasi wasir biasanya dokter akan menyarankan untuk tidak mengkonsumsi obat. Beberapa obat bisa berpengaruh pada proses operasi nantinya. Untuk itu sebelum minum obat sebaiknya konsultasikan kepada dokter terlebih dahulu.

Biasanya menjelang operasi, dalam beberapa hari Anda akan dilarang untuk mengkonsumsi obat. Anda harus mengikuti arahan dokter dengan baik agar tidak mengalami komplikasi dan bisa menjalani operasi dengan baik.

  1. Minum banyak air putih

Sebelum operasi wasir maka Anda diharuskan untuk minum air putih yang lebih banyak. Hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinya dehidrasi saat menjalani operasi. Anda akan disarankan untuk minum 2 liter air sebelum menjalani operasi.

Air putih sangat berpengaruh untuk proses lancarnya operasi untuk itu konsumsilah air agar proses operasi bisa berjalan dengan lancar.

  1. Berpuasa

Beberapa operasi mengharuskan pasien untuk berpuasa terlebih dahulu sebelum menjalaninya, begitu juga untuk proses operasi wasir. Prosedur berpuasa harus dijalani oleh pasien sebelum menjalani operasi. Biasanya pasien harus berpuasa selama 6-12 jam sebelum menjalani operasi wasir.

Prosedur Operasi Laser Untuk Wasir

Prosedur operasi laser untuk wasir merupakan tahapan yang perlu dilakukan ketika menjalaninya. Ini merupakan prosedur yang harus dilalui. Biasanya operasi wasir berlangsung selama kurang lebih 1 jam. Untuk lebih memahaminya dengan lebih jelas, berikut beberapa prosedur yang akan dilakukan ketika operasi wasir.

  1. Pemberian obat anestesi

Hal pertama yang harus dilakukan saat proses operasi dimulai adalah pemberian obat anestesi. Ini merupakan jenis obat bius yang digunakan untuk operasi agar pasien tidak merasakan sakit saat menjalani operasi. Setelah diberi obat bius maka pasien tidak sadarkan diri pada jangka waktu tertentu.

Jenis obat bius yang dipilih biasanya adalah bius menyeluruh agar pasien bisa lebih nyaman menjalani operasi wasir.

  1. Proses operasi akan dijalankan

Setelah obat bius bekerja proses selanjutnya adalah memasukkan alat laser fiber kedalam bagian wasir. Laser ini akan bekerja untuk mengecilkan bagian tersebut agar terlihat menghilang.

Proses operasi ini bisa terbilang cukup cepat karena tidak membutuhkan proses yang panjang. Selain itu laser juga mampu bekerja sangat cepat untuk mengurangi bagian yang keluar.

Pemulihan Setelah Operasi Laser Untuk Wasir

Setelah menjalani operasi laser untuk wasir, biasanya pasien harus menginap selama sehari di ruang perawatan rumah sakit. Biasanya pasien boleh langsung pulang dan melakukan pemulihan di rumah. Lamanya proses pemulihan biasanya sekitar 3-6 minggu. Berikut beberapa perawatan yang bisa Anda lakukan di rumah untuk memulihkan kondisi setelah operasi wasir.

  1. Minum obat yang dianjurkan oleh dokter

Setelah operasi Anda harus mengkonsumsi obat yang dianjurkan oleh dokter untuk melakukan pemulihan dengan cepat. Biasanya dokter akan memberikan obat untuk melunakkan feses dan juga untuk menghilangkan rasa nyeri.

Anda harus mengkonsumsi obat tersebut sesuai dengan anjuran pakai yang sudah ditentukan oleh dokter selama proses pemulihan

  1. Konsumsi makanan berserat

Makanan berserat akan membantu Anda untuk melunakkan feses, untuk itu selama proses pemulihan operasi wasir sebaiknya Anda mengkonsumsi makanan tinggi serat seperti buah dan sayur. Dengan begitu maka proses pemulihan Anda bisa berlangsung dengan lebih cepat.

Mulailah mengatur pola konsumsi makanan dengan baik agar Anda bisa terbiasa. Jika sebelumnya Anda tidak begitu memperhatikannya maka sekarang harus dilakukan.

  1. Hindari makanan berlemak

Setelah operasi wasir, Anda perlu menghindari makanan yang berlemak. Hal tersebut dilakukan karena makanan berlemak akan cenderung sulit untuk dicerna dibandingkan dengan jenis makanan yang lainnya. Makanan berlemak akan membuat sistem pencernaan Anda bekerja terlalu keras.

Hal ini akan membuat perut Anda menjadi sakit dan bisa memperburuk kondisi wasir Anda. Selain itu Anda juga harus menghindari makanan yang digoreng selama proses pemulihan operasi wasir.

  1. Hindari makanan yang terlalu pedas

Makanan pedas sangat berpotensi untuk mengakibatkan pencernaan menjadi terganggu. Untuk itu dalam proses pemulihan operasi wasir, Anda harus menghindari jenis makanan pedas terlebih dahulu. Selain itu makanan pedas juga bisa membuat Anda merasakan sakit ketika buang air besar.

  1. Hindari aktivitas berlebihan

Setelah menjalani operasi wasir, disarankan bagi Anda untuk beristirahat terlebih dahulu. Meskipun Anda keluar dari rumah sakit lebih cepat, namun janganlah beraktivitas secara berlebihan terlebih dahulu karena kondisi tubuh Anda belum stabil. Usahakan untuk beristirahat beberapa hari di rumah sampai kondisi benar-benar pulih.

  1. Menjaga kebersihan bagian anus

Agar tidak mengalami infeksi dan bisa melakukan pemulihan dengan lebih cepat, Anda harus menjaga kebersihan daerah anus secara maksimal. Cara yang bisa dilakukan adalah merendam bagian bokong dengan menggunakan air hangat selama kurang lebih 15 menit setiap hari.

  1. Lakukan check up secara teratur

Setelah proses operasi wasir biasanya dokter akan menjadwalkan kembali proses check up yang harus Anda lakukan. Proses ini dibutuhkan agar dokter bisa memastikan kondisi Anda sudah jauh membaik dan dokter juga akan menentukan kapan Anda bisa berhenti mengkonsumsi obat. Lakukan check up secara rutin sesuai dengan anjuran dokter.

Persiapan dan prosedur operasi laser untuk wasir harus dilakukan secara bertahap. Hal tersebut dilakukan agar nantinya proses operasi bisa berjalan dengan lancar. Konsultasikan kondisi media Anda pada digestihealth.com, Dr Peter Ian Limas agar seluruh pemeriksaan dilakukan secara menyeluruh sebelum operasi. Dr Peter sudah berpengalaman lebih dari 13 tahun dalam bedah.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


About Us


Digestihealth merupakan penyatuan dari usaha memberikan pelayanan bedah digestif yang baik dengan cara menyatukan pengetahuan dan kemampuan.

Usaha memperdalam ilmu bedah digestif juga dilakukan dengan memperdalam bidang masing-masing agar bidang yang didalami tidak terlalu luas.

Recent post


Follow us

Design & Develpment by ROYANRM.COM

Chat Dokter Sekarang