Penanganan Laser Untuk Wasir Saat Ini

10 May 20200HemoroidWasir

Penanganan Laser Untuk Wasir Saat Ini

10 May 2020 0
wasir-digestihealth.jpg?time=1606435586

Wasir adalah penyakit yang banyak dijumpai di Indonesia, karena banyak orang yang mengonsumsi makanan yang pedas. Penyakit wasir akan sangat mengganggu aktivitas jika dibiarkan begitu saja. Sebaiknya, jika Anda memiliki wasir, Anda periksakan kepada dokter. Jika sudah perah, tentu saja perlu dilakukan suatu tindakan, saat ini terdapat penanganan laser untuk wasir yang minim nyeri.

Laser Hemorroidoplasty untuk penanganan wasir

Dalam menangani wasir, terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengobati penyakit wasir. Umumnya, penanganan wasir melakukan operasi atau bedah konvensional. Namun, biasanya operasi wasir yang dilakukan membuat pasien merasa nyeri pada masa pemulihan yang dapat berakibat pada terganggunya aktivitas.

Saat ini, penanganan penyakit ini bisa dilakukan dengan laser untuk wasir atau laser hemorroidoplasty (LHP). Cara ini akan melibatkan pemotongan pada jaringan wasir yang menggunakan laser diode. Laser hermorrhoidoplastasy adalah salah satu cara penanganan masalah wasir dengan metode yang canggih dengan menggunakan bius lokal, umum, atau spinal.

Energi dari laser akan dimasukkan ke dalam wasir yang bengkak secara terpusat. Keberhasilan pengecilan wasir dengan menggunakan metode ini secara langsung adalah 30% dan hasil terakhir akan terlihat saat 6 minggu.

Deposisi energi laser yang telah dikendalikan bisa menghilangkan bengkak wasir dari dalam. Prosedur menggunakan cara LHP adalah yaitu alat berupa laser fiber akan dimasukkan ke dalam jaringan wasir melalui anus. Selanjutnya, energi laser dikeluarkan untuk mengurangi bengkak wasir.

Setelah bengkak wasir mengecil kira-kira 40% sampai 60%, tindakan tersebut selesai. Pengecilan hingga sempurna akan terjadi dalam kurun waktu 4 sampai 8 minggu.Cara laser untuk wasir ini bisa menjadi alternatif bagi pasien yang mengalami penyakit wasir yang sudah parah.

Banyak pasien yang telah menjalani cara ini untuk menyembuhkan wasir, biasanya pasien akan merasa lebih enak dan nyaman. Walaupun begitu, sakit sehabis operasi pasti masih bisa dirasakan, namun dengan skala kesakitan yang rendah. Dari 1 sampai 10, kira-kira skala kesakitannya mencapai skala 3.

Prosedur LHP ini juga memiliki kelebihan lain yaitu waktu pemulihan tindakan yang lebih cepat dan bisa dilakukan tanpa harus rawat inap.

Penyebab penyakit wasir

Wasir atau ambeien adalah benjolan yang terdapat di pembuluh darah dan kemudian meradang. Benjolan ambeien terdapat di rektum atau sekitar anus. Seharusnya, anus dapat berfungsi normal tanpa menimbulkan rasa sakit, jika ada hanya sakit kecil dan biasa. Tetapi, wasir dapat mengakibatkan nyeri yang lebih lama, terutama ketika buang air besar.

Beberapa penyebab wasir yang perlu diketahui untuk mencegahnya, yaitu:

  1. Duduk terlalu lama

Apakah Anda memiliki wasir dan Anda menghabiskan sebagian waktu Anda untuk duduk? Mungkin, penyebab wasir yang Anda alami disebabkan oleh duduk terlalu lama ketika bekerja. Mengapa duduk bisa mengakibatkan wasir?

Selama duduk, pembuluh darah yang terdapat di dekat anus akan terlalu banyak terisi darah. Darah yang telah menumpuk akan memperbesar dinding pembuluh darah yang ada di sekitar anus, hingga akhirnya menjadi bengkak.

Selain duduk ketika bekerja, duduk di toilet dalam waktu yang lama juga akan memperburuk wasir. Ketika duduk di toilet, posisi anus akan menjadi meregang dan membuat dinding pembuluh menjadi membesar. Hal tersebut membuat jaringan, otot, dan pembuluh dara di sekitar anus tertekan dan menimbulkan benjolan.

  1. Sembelit atau konstipasi parah

Mayoritas penyakit wasir diakibatkan oleh kebiasaan mengejan terlalu kuat ketika buang air besar. Terutama ketika sedang mengalami konstipasi atau sembelit yang parah. Sembelit terjadi karena melemahnya fungsi usus, akibatnya feses memiliki tekstur yang lebih keras dan padat. Hal tersebut membuat buang air besar terasa lebih susah.

Tekanan mengejan yang terlalu kuat lama kelamaan akan menjadikan pembuluh darah yang di sekitar rektum dan anus menjadi bengkak. Pembuluh darah di sekitar anus terlepas dari ligamen dan otot yang seharusnya bertugas untuk menjaga.

  1. Mengangkat beban yang berat

Mengangkat benda dengan beban yang sangat berat dapat membuat otot yang ada di sekitar rektum dan anus menegang. Tekanan kuat tersebut tanpa disadari akan membuat aliran darah menjadi terhambat dan mengakibatkan benjolan di sekitar rektum.

  1. Usia

Penyakit wasir bisa dialami oleh siapa saya, baik itu wanita maupun pria di usia dewasa. Namun, sekitar 50% populasi orang dewasa dengan usia 50 tahun pernah mengalami wasir dalam hidupnya. Hal ini dikarenakan kondisi tubuh pada orang yang berusia 50 tahu ke atas akan membuat jaringan pembuluh darah berubah.

Sehingga, jaringan pembuluh darah yang ada di sekitar anus dan rektum akan semakin meregang dan melemah. Akhirnya, bagian sekitar anus akan mudah bengkak.

  1. Kehamilan

Biasanya ibu hamil mengalami wasir pada kehamilan di trimester ketiga. Ketika hamil, rahim pada wanita akan memiliki ukuran yang lebih besar dan jumlah darah pada rahim juga semakin banyak. Hal tersebut mengakibatkan daerah sekitar anus mengalami tekanan yang lebih banyak dan membuat pembuluh darah radang.

Pemicunya wasir pada ibu hamil bukan hanya tekanan dari bayi dalam kandungan, pemicu lain adalah perubahan hormon karena kehamilan yang membuat pembuluh darah bengkak. Apabila ketika hamil mengalami wasir, hal pertama yang bisa dilakukan adalah kompres bagian bawah punggung menggunakan campuran air dan setengah gelas cuka apel.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan lendir lidah buaya yang segar diberikan pada area yang nyeri dan bengkak.

Bagi Anda yang sedang dalam pengobatan pasca tindakan laser untuk wasir, Anda bisa menerapkan pola hidup sehat untuk mempercepat proses penyembuhan. Makan makanan berserat tinggi akan membuat pencernaan lebih baik. Meminum air putih dalam jumlah yang banyak juga akan sangat bermanfaat untuk proses penyembuhan.

Apabila Anda merasa tidak nyaman pada daerah sekitar anus pasca tindakan, Anda bisa mengompres bagian anus dengan menggunakan air dingin atau es batu. Hal tersebut akan membantu mengurangi rasa nyeri yang timbul pasca tindakan.

Bagi Anda yang berencana melakukan operasi wasir, mungkin laser hemorrhoidoplasty bisa menjadi salah satu alternatif tindakan yang dipilih. Tindakan menggunakan laser ini memiliki rasa sakit saat pemulihan yang lebih sedikit dibandingkan dengan operasi wasir konvensional. Pilihan ini juga tepat bagi Anda yang tidak bisa diam terlalu lama untuk pemulihan.

Penanganan dengan laser ini memiliki banyak kelebihan, namun dengan kelebihan tersebut tentu saja biaya yang diperlukan untuk tindakan ini akan lebih mahal dibandingkan dengan operasi konvensional. Biaya yang besar untuk tindakan dirasa sebanding dengan hasil yang didapatkan pasca tindakan. Semua tergantung pilihan Anda dan saran dari dokter yang menangani.

Masalah wasir tidak bisa dianggap sepele, wasir yang parah membutuhkan penanganan yang tepat dari dokter yang berpengalaman di bidangnya. Untuk mengetahui mengenai masalah laser untuk wasir, Anda bisa mengunjungi digestihealth.com. Di sana, Anda bisa berkonsultasi dengan dr. Peter Ian Limas untuk masalah kesehatan Anda.

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


About Us


Digestihealth merupakan penyatuan dari usaha memberikan pelayanan bedah digestif yang baik dengan cara menyatukan pengetahuan dan kemampuan.

Usaha memperdalam ilmu bedah digestif juga dilakukan dengan memperdalam bidang masing-masing agar bidang yang didalami tidak terlalu luas.

Recent post


Follow us

Design & Develpment by ROYANRM.COM

Chat Dokter Sekarang