Metode Dan Perawatan Setelah Bedah wasir

Metode Dan Perawatan Setelah Bedah wasir

10 May 2020 0
hemoroid.jpg?time=1596537708

Dalam berbagai kondisi, bedah wasir dijadikan sebagai upaya pengobatan yang dirasa paling efektif dan lebih cepat. Proses operasi ini dilakukan untuk mengangkat benjolan ambeien yang terdapat di dalam maupun di luar. Ambeien sendiri merupakan penyakit yang biasanya terjadi pada daerah sekitar anus. Tumbuhnya benjolan pada daerah anus terjadi akibat pembengkakan pembuluh darah.

Hal ini membuat aliran darah ke anus menjadi terhalang. Kondisi inilah yang lama kelamaan akan mengakibatkan tumbuhnya benjolan di anus. Penyakit ini memang tidak tergolong serius, namun bisa cukup mengganggu jika sudah terlalu parah. Kebanyakan penderita akan merasakan nyeri pada bagian anus ketika duduk.

Kapan Harus Melakukan Bedah Wasir

Bedah wasir akan dilakukan sesuai dengan prosedur yang berlaku. Beberapa metode mungkin akan berbeda pada tiap orang tergantung dari kondisi pasiennya. Hal inilah yang membuat pasien harusnya sudah memeriksakan diri sebelum penyakit dinyatakan serius. Jika diperiksa sejak dini maka penanggulangan juga bisa dilakukan secepatnya.

Ketika Anda merasakan ada sesuatu yang mengganjal atau merasa nyeri ketika duduk sebaiknya langsung periksakan ke dokter apakah hal tersebut termasuk wajar atau tidak. Dengan begitu maka dokter bisa lebih cepat untuk mengetahui kondisi pasien dengan baik. Jika ambeien sudah keluar dari dinding rektum ke bagian anus maka pengobatan yang paling efektif adalah bedah.

Pada tahap awal memang penderita akan diberikan pengobatan yang sederhana terlebih dahulu. Namun jika masih dirasa kurang efektif maka akan harus melalui proses bedah. Sebelum memilih proses bedah biasanya dokter akan mempertimbangkan berbagai faktor yang terkait terlebih dahulu misalnya apakah pasien sudah lanjut usia dan lain sebagainya.

Sebelum melakukan proses bedah, pasien harus menjalani beberapa tes terlebih dahulu untuk memastikan kondisi medisnya. Selain itu pasien juga harus menyiapkan dana terlebih dahulu untuk bisa menjalani bedah. Jika semua pertimbangan sudah siap dan baik, maka proses bedah bisa dilakukan secepatnya.

Berikut Beberapa Jenis Metode Untuk Bedah Wasir

Banyak sekali faktor yang bisa memicu terjadinya ambeien atau wasir seperti pola hidup yang salah, konsumsi alkohol dan lain sebagainya. Ketika mengalami ambeien dan melakukan pengobatan, seringkali hanya berefek meredakannya saja namun tidak menghilangkannya. Untuk itu salah satu pilihan terbaik untuk mengatasinya adalah dengan bedah wasir.

Metode bedah ini memungkinkan proses pengobatan bisa berjalan dengan lebih cepat dan efektif. Terdapat beberapa metode bedah wasir yang bisa Anda pilih untuk mengobati wasir. Beberapa metode tentu akan memiliki biaya dan cara penanganan yang berbeda. Berikut beberapa metode yang bisa dipilih untuk mengatasi wasir.

1. Metode Diatermi Hemoroidektomi

Metode ini menerapkan sistem pengangkatan wasir dilakukan dengan menggunakan alat yang bersuhu tinggi. Suhu alat ini bisa mencapai kurang lebih 150 derajat celcius. Metode ini bisa membuat pasien tidak merasakan nyeri setelah dilakukannya operasi. Namun saat buang air besar mungkin pasien akan merasakan rasa nyeri pada bagian anus.

Lamanya proses pemulihan bedah dengan metode ini juga terbilang cukup lama yaitu sekitar 6-8 minggu. Disarankan untuk pasien agar bisa tetap merawat diri dan menjaga pola makanan setelah menjalankan operasi agar wasir tidak kembali lagi.

2. Bedah Ambeien konvensional

Metode bedah yang satu ini menggunakan pisau khusus saat operasi untuk memotong atau membuat bagian yang berlebih pada bagian anus. Jenis metode ini tidak terlalu banyak dipilih karena dianggap lebih menakutkan dibandingkan dengan metode yang lainnya. Selain itu ketika setelah bedah biasanya pasien akan kesulitan untuk buang air.

Rasa tidak nyaman biasanya akan melanda pasien setelah bedah. Metode ini juga seringkali menyebabkan pengerutan pada saluran anus sehingga perawatannya bisa berlangsung lebih lama.

3. Bedah Ambeien dengan laser

Metode pengobatan ambeien yang satu ini merupakan salah satu jenis metode yang dianggap paling modern dan efektif. Selain itu pasien juga harus menyediakan biaya yang cukup besar untuk menjalani operasi ini. Saat pembedahan, akan digunakan alat khusus seperti sinar laser yang berfungsi memotong bagian yang keluar.

Jika Anda menjalani pengobatan ini memang penyembuhannya akan berlangsung dengan lebih cepat. Namun Anda juga harus melakukan beberapa perawatan agar tidak terjadi komplikasi.

4. Bedah Ambeien dengan Stapler

Dibandingkan dengan jenis metode konvensional, jenis metode yang satu ini jauh lebih efektif untuk dilakukan. Pembedahan dengan menggunakan metode ini akan menggunakan alat khusus yang disebut stapler. Keunggulan dari bedah ini adalah prosesnya yang cepat. Biasanya proses bedah ini akan berlangsung sekitar 12-45 menit.

Selain itu pemulihan setelah dilakukan bedah ini tidaklah lama sehingga pasien akan merasa lebih nyaman. Rasa nyeri setelah operasi juga bisa dihilangkan dengan lebih cepat.

Perawatan Setelah Melakukan Bedah Wasir

Setelah melakukan bedah wasir terkadang kondisi seseorang bisa saja menjadi tidak stabil atau bisa mengalami efek samping. Untuk itu Anda perlu melakukan beberapa perawatan setelah melakukan bedah ini. Perawatan dilakukan agar pengobatan bisa berjalan dengan lebih efektif dan membuat ambeien tidak lagi muncul.

Proses perawatan tidak bisa hanya mengandalkan obat saja, Anda juga harus berperan aktif untuk menjaga kesehatan agar bisa mengatasi penyakit tersebut dengan lebih efektif. Anda bisa menerapkan beberapa perawatan di bawah ini pemulihan bisa dilakukan dengan lebih cepat dan tidak mengalami komplikasi.

  • Konsumsi makanan yang memiliki serat tinggi seperti beras merah, biji-bijian, buah dan sayuran.
  • Usahakan untuk mengkonsumsi air putih yang lebih banyak. Disarankan dalam sehari Anda harus minum air minimal 8-10 gelas.
  • Turunkan berat badan dan mulailah mengatur pola hidup yang lebih sehat.
  • Rendam bagian bokong Anda dengan menggunakan air hangat secara teratur.
  • Hindari makanan yang mengandung lada atau sambal. Jika Anda menyukai makanan pedas maka sebaiknya puasa dahulu setelah melakukan operasi. Hal ini akan membantu pemulihan Anda setelah operasi agar lebih cepat.
  • Hindari mengkonsumsi obat yang bisa menyebabkan feses menjadi keras seperti obat pereda nyeri yang mengandung kodein. Sebaiknya hindari minum obat tersebut sementara waktu.
  • Sebaiknya jangan mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein atau alkohol seperti kopi, soda, teh dan lain sebagainya.
  • Lakukan olahraga secara rutin agar lemak tidak tertimbun dan Anda bisa menjaga tekanan darah dengan baik.
  • Konsumsi obat yang bisa digunakan untuk melancarkan buang air besar.
  • Jangan pernah menahan atau menunda keinginan buang air besar. Kondisi tersebut bisa menyebabkan Anda sembelit dan bisa kembali memicu terjadinya wasir. Untuk itu sebaiknya langsung ke kamar mandi ketika Anda ingin buang air besar.

Anda bisa memilih jenis metode bedah yang sesuai dengan dana dan kondisi. Sebelum melakukan bedah, sebaiknya Anda menghubungi digestihealth.com, Dr Peter Ian Limas untuk menjalani konsultasi terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar sebelum melakukan bedah dokter bisa memastikan kondisi Anda dengan baik dan bisa memilihkan metode yang paling cocok untuk pengobatannya.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


About Us


Digestihealth merupakan penyatuan dari usaha memberikan pelayanan bedah digestif yang baik dengan cara menyatukan pengetahuan dan kemampuan.

Usaha memperdalam ilmu bedah digestif juga dilakukan dengan memperdalam bidang masing-masing agar bidang yang didalami tidak terlalu luas.

Recent post


Follow us

Design & Develpment by ROYANRM.COM

Chat Dokter Sekarang