Macam-Macam Pengobatan Wasir

10 May 20200HemoroidWasir

Macam-Macam Pengobatan Wasir

10 May 2020 0
hemoroid-internal-dan-external-pengobatan-wasir-tanpa-rasa-sakit.jpg?time=1603996019

Wasir merupakan penyakit yang banyak dialami oleh banyak orang. Penyakit wasir dapat muncul apabila di sekitar anus dan rektum terdapat pembuluh darah yang mengalami bengkak yang diakibatkan oleh tekanan. Untuk mengobati masalah wasir terdapat beberapa cara pengobatan wasir yang bisa dilakukan untuk mengobatinya.

Pengobatan ambeien yang dapat dilakukan sendiri

Salah satu cara yang paling efektif untuk menyembuhkan wasir adalah dengan merubah pola hidup menjadi lebih baik dan sehat. Beberapa pola hidup yang dapat Anda lakukan untuk menjaga tubuh agar tetap sehat, yaitu:

  1. Menjaga dan memperbanyak asupan cairan tubuh

Salah satu cara yang harus dilakukan untuk mengobati wasir yang terjadi adalah dengan menjaga tubuh agar tetap terhidrasi. Mengonsumsi air putih yang banyak dapat membantu tinja menjadi lunak, sehingga akan mengurangi terjadinya sulit buang air besar.

Sebaiknya, Anda juga menghindari minuman dengan kandungan alkohol dan kafein, karena minuman dengan kandungan tersebut akan membuat wasir menjadi lebih buruk.

  1. Banyak mengonsumsi makanan berserat tinggi

Mengonsumsi makanan dengan kandungan serat tinggi adalah salah satu cara untuk mengobati penyakit wasir. Serat pada makanan bisa membuat kotoran menjadi lebih lunak, sehingga buang air besar akan terasa lebih mudah dan tidak perlu mengejan secara kuat. Mengejan terlalu kuat ketika buang air besar akan membuat wasir menjadi lebih parah.

Contoh makanan dengan kandungan serta yang tinggi adalah gandum utuh atau biji-bijian, buah, sayuran berwarna gelap, kacang-kacangan, dan sumber makanan lainnya.

  1. Olahraga dengan teratur

Olahraga dengan rutin memiliki manfaat yang sangat banyak bagi tubuh Anda, selain membantu menurunkan berat badan berlebih, olahraga juga akan membuat tekanan darah lebih terkontrol, dan mencegah terjadinya wasir. Oleh karena itu, Anda lebih baik melakukan olahraga dengan waktu minimal selama 30 menit setiap hari secara rutin untuk merasakan kebaikan olahraga.

  1. Jangan menunda buang air besar

Menunda buang air besar akan membuat tinja menjadi kering dan lebih keras, sehingga Anda perlu mengejan keras-keras ketika buang air besar. Karena hal tersebut, sebaiknya Anda segera buang air besar ketika merasa sakit perut ingin ke kamar mandi.

  1. Menjaga kebersihan area sekitar anus

Untuk mencegah dan mengobati wasir, sebaiknya Anda rajin membersihkan daerah kulit di sekitar anus. Anda bisa menggunakan kapas basah atau handuk kecil untuk membersihkannya, sebaiknya Anda menghindari penggunaan sabun yang mengandung pewangi kuat untuk mencegah kemungkinan iritasi pada daerah sekitar anus.

Obat Alami yang dapat digunakan untuk mengobati penyakit wasir

Selain mengatur pola hidup, Anda juga bisa mulai mencoba untuk mengonsumsi obat-obatan alami untuk menyembuhkan wasir. Beberapa bahan yang berasal dari alam yang bisa digunakan untuk mengobati wasir, yaitu:

  1. Citrus bioflavonoid

Citrus bioflavonoid merupakan bahan yang berasal dari alam yang bisa digunakan untuk mencegah wasir dan mengobatinya. Citrus bioflavonoid memiliki sifat anti-radang yang bisa mencegah gejala ambeien menjadi lebih buruk. Terdapat penelitian yang menyebutkan bahwa pemakaian bioflavonoid bisa meringankan gejala penyakit ambeien.

Penggunaan secara teratur dapat menghilangkan rasa gatal dan nyeri di sekitar daerah anus, meringankan gejala ambeien, dan menurunkan risiko terjadinya pendarahan. Walaupun begitu, klaim tersebut masih memerlukan penelitian lebih lanjut lagi untuk membuktikan kebenarannya.

Namun, tidak ada salahnya Anda mencoba menggunakan Citrus bioflavonoid untuk mengobati penyakit wasir.

  1. Daun ungu atau Graptophyllum pictum

Daun ungu diyakini bisa mengobati  dan mencegah penyakit ambeien. Hal tersebut dikarenakan daun ungu memiliki kandungan zat anti-mikroba dan zat anti-radang. Bukan hanya itu, daun ungu juga dikatakan memiliki efek samping yang kecil. Namun, tentu penelitian lebih lanjut harus dilakukan agar bisa memastikan efektivitas dari bahan alami.

Pengobatan wasir menggunakan prosedur medis

Apabila wasir semakin parah dan tidak juga sembuh, maka lebih baik Anda berkonsultasi dengan dokter agar Anda bisa mendapatkan tindakan yang sesuai dengan kondisi wasir yang dimiliki. Beberapa prosedur yang bisa dilakukan untuk mengobati wasir yang biasanya dilakukan, yaitu:

  1. Hemoroidektomi atau pengangkatan wasir

Operasi ini merupakan tindakan bedah yang dilakukan oleh dokter untuk mengangkat jaringan berlebih yang bisa mengakibatkan pendarahan pada wasir. Prosedur pengobatan ini dilakukan untuk mengobati wasir yang sudah sangat pasar dan sering kambuh.

Biasanya, waktu pemulihan yang dibutuhkan sekitar 2 minggu.

  1. Pengikatan wasir atau ligasi pita karet

Prosedur pengobatan ini merupakan tindakan yang dilakukan dengan mengikat wasir yang dilakukan menggunakan satu atau dua pita karet kecil pada area wasir dalam.

  1. Prosedur koagulasi

Teknik ini akan menggunakan sinar inframerah atau laser yang digunaan untuk membakar jaringan wasir.

  1. Penyuntikan skleroterapi

Cara ini melibatkan larutan kimia khusus yang nantinya disuntikkan ke jaringan wasir, selanjutnya caran tersebut akan membuat wasir mengecil. Suntikan ini juga bisa membuat rasa sakit hilang, karena pada lokasi penyuntikan, Anda akan merasa mat rasa.

Penggunaan obat untuk pengobatan wasir

Pola hidup sehat merupakan kunci untuk mencegah dan mengobati penyakit wasir. Pola hidup memiliki berbagai macam manfaat kesehatan bagi Anda. Jika Anda dalam masa pengobatan, tentu Anda harus menjaga segala hal yang berkaitan dengan kesehatan, termasuk pola hidup. Pola hidup yang sehat akan membantu proses pengobatan wasir menjadi lebih cepat, karena nutrisi harian yang terpenuhi.

Mungkin Anda juga akan memerlukan beberapa obat-obatan yang perlu dikonsumsi agar bisa mempercepat proses penyembuhan dan pengobatan ambeien. Selain obat-obatan dari bahan alami dan pola hidup sehat, Anda juga bisa memili menggunakan beberapa obat yang bisa meringankan penyakit wasir Anda. Beberapa obat yang bisa Anda coba untuk mengobati penyakit wasir.

  1. Obat pencahar atau laksatif

Untuk mengatasi masalah sembelit yang terjadi, biasanya dokter akan menyarankan menggunakan obat pencahar atau obat laksatif. Obat-obatan tersebut akan membantu Anda lancar buang air besar.

  1. Obat oles yang bisa diperoleh di mana saja

Anda juga bisa menemukan obat salep yang dijual secara bebas, misalnya berupa salep, krim, serta obat suppositoria. Suppositoria merupakan jenis obat yang pemakaiannya dilakukan dengan cara memasukkannya langsung ke dalam anus. Obat jenis tersebut dipakai untuk meredakan rasa tidak nyaman dan pembengkakan.

  1. Obat pereda nyeri

Obat pereda nyeri yang bisanya dipilih adalah paracetamol. Paracetamol juga bisa digunakan untuk meredakan nyeri akibat wasir. Wasir yang parah akan mengakibatkan nyeri, bahkan beberapa orang tidak kuat dengan nyeri tersebut. Anda harus menghindari obat dengan jenis kodein, obat ini bisa mengakibatkan dan memburuk sembelit yang terjadi.

  1. Penggunaan krim kortikosteroid

Apabila  terjadi pembengkakan di sekitar anus, baik itu di dalam atau di luar. Biasanya, dokter akan menyarankan Anda untuk menggunakan krim kortikosteroid. Krim ini jangan digunakan selama tujuh hari lebih, hal tersebut akan membuat kulit di daerah sekitar anus menjadi tipis dan iritasi akan semakin buruk.

Penyakit wasir akan sangat mengganggu aktivitas jika dibiarkan begitu saja. Anda bisa memperoleh informasi lebih lanjut mengenai pengobatan wasir di digestihealth.com. Anda akan mendapatkan berbagai informasi mengenai masalah kesehatan bersama dr Peter Ian Limas. Wasir harus langsung diobati agar tidak semakin parah dan buruk.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


About Us


Digestihealth merupakan penyatuan dari usaha memberikan pelayanan bedah digestif yang baik dengan cara menyatukan pengetahuan dan kemampuan.

Usaha memperdalam ilmu bedah digestif juga dilakukan dengan memperdalam bidang masing-masing agar bidang yang didalami tidak terlalu luas.

Recent post


Follow us

Design & Develpment by ROYANRM.COM

Chat Dokter Sekarang