Hemoroid (Wasir/Ambeien)

5 September 2019by olatte1901180Wasir

Hemoroid (Wasir/Ambeien)

5 September 2019 by olatte1901180
Hemoroid-1.jpg?time=1575636357

Apabila berbicara tentang operasi wasir, maka sayang sekali nyeri merupakan suatu gejala ikutan yang biasanya akan menyertai tindakan terhadap wasir. Yang dapat dilakukan untuk nyeri adalah menguranginya sedemikian rupa hingga masih dapat ditolerir dan dapat menjalani aktivitas sehari-hai ri dengan normal.

Tingkat nyeri yang minimal ini didapat dengan melakukan operasi wasir dengan bantuan berbagai alat dan menghindari melakukan penyayatan di daerah anus.

Alat yang dapat dipakai sebagai alat bantu adalah:

1. Laser

2. Doppler

3. Stapler

4. Ligasi

LASER : Dengan alat Laser, tidak dilakukan penyayatan jaringan wasir. Dengan demikian rasa nyeri yang terjadi jauh lebih sedikit dibandingkan dengan tehnik biasa yang pada dasarnya merupakan penyayatan jaringan wasir. Luka yang mungkin terjadi pada tehnik Laser biasanya tidak demikian sensitif jika dibandingkan dengan tehnik penyayatan biasa.

Tehni Laser pada dasarnya menembakkan cahaya energi tinggi ke dalam jaringan wasir sehingga terjadi penggumpalan darah dan jaringan di dalam wasir tersebut. Penggumpalan darah dan jaringan ini akan menjadikan wasir yang sebelumnya bengkak menjadi berkerut dan mengecil.

HAL-RAR: Tehnik yang menggunakan Doppler sebagai alat bantunya adalah tehnik HAL-RAR (Hemorhoid Artery Ligation-Recto Anal Repair). Doppler adalah alat yang dapat mendeteksi aliran cairan di dalam suatu rongga. Dengan alat ini, pembuluh darah yang besar akan diidentifikasi dan dihentikan alirannya menggunakan penjahitan. Tehnik ini menimbulkan sakit yang minimal, namun hasil maksimal baru terlihat setelah kira-kira 6 minggu. Kekurangan lain dari cara ini adalah bahwa wasir yang telah menjalar keluar dari dalam (Hernia Interna-Eksterna) tidak akan hilang maksimal dengan cara ini, demikian pula wasir yang telah terperangkap di luar dan sulit dimasukkan lagi, tidak efektif ditangani dengan cara ini.

STAPLER merupakan alat yang memiliki mekanisme mirip dengan HAL RAR, namun tidak menggunakan alat bantu Doppler.

Kemiripan dari cara ini adalah bahwa Stapler akan bekerja di bagian dalam dari rektum/anus sehingga menimbulkan rasa nyeri yang lebih sedikit. Kekurangannya adalah mirip dengan tehnik HAL RAR dimana wasir yang telah terlanjur keluar tidak dapat ditangani dengan baik dengan metoda ini.

LIGASI dapat dilakukan pada wasir yang masih kecil dan masih dapat dimasukkan kembali. Keuntungan dari cara ini adalah bahwa tindakan ini relatif lebih murah karena dilakukan secara rawat jalan di poliklinik. Walaupun demikian, kadangkala bila wasir terdapat pada banyak tempat, diperlukan tindakan lebih dari satu kali untuk penanganannya. Tidak diperlukan pembiusan untuk tindakan ini

HEMOROIDEKTOMI merupakan cara penanganan wasir dengan cara disayat atau dipotong. Cara ini menimbulkan rasa nyeri yang tidak sedikit. Keuntungan utama dari cara ini adalah biaya yang murah. Saat ini kami hanya melakukan tindakan ini secara sangat selektif karena rasa nyeri yang kurang dapat diterima


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


About Us


Digestihealth merupakan penyatuan dari usaha memberikan pelayanan bedah digestif yang baik dengan cara menyatukan pengetahuan dan kemampuan.

Usaha memperdalam ilmu bedah digestif juga dilakukan dengan memperdalam bidang masing-masing agar bidang yang didalami tidak terlalu luas.

Recent post


Contact us

WhatsApp +6281-2106-7435
Call +6281-2106-7435

Follow us

Design & Develpment by ROYANRM.COM

WhatsApp Konsultasi dengan dr Peter