Batu Empedu dan Komplikasinya

5 September 20190Batu Empedu

Batu Empedu dan Komplikasinya

5 September 2019 0
Batu-empedu-dan-komplikasinya-1.jpg?time=1581874623

Batu empedu merupakan kelainan yang cukup sering dijumpai. Batu empedu dapat menimbulkan gejala maupun tidak. Bila tidak menimbulkan gejala, batu empedu cenderung dibiarkan.
Apakah gejala yang dapat timbul? Gejala sangat bervariasi, mulai dari nyeri amat sangat hilang timbul di perut kanan atas (kadang sampai punggung) hingga gejala yang amat sangat ringan seperti rasa kembung dan sendawa.

Komplikasi dari batu kandung empedu adalah hal yang sangat perlu dihindari dan merupakan alasan mengapa dilakukan operasi terhadap kandung empedu. Komplikasi ini dapat berupa:
Radang kandung empedu dengan gejala: nyeri terus menerus, demam
Mata kuning, air seni berwarna coklat gelap, dikarenakan batu sudah masuk ke saluran utama
Nyeri di punggung, ulu hati karena saluran ke kelenjar pankreas tersumbat, sehingga terjadi radang kelenjar pankreas (pankreatitis)

Ketiga komplikasi di atas dapat berbahaya, bahkan mengancam jiwa. Pada pasien yang telah terjadi komplikasi di atas, jika ditelusuri riwayatnya, hampir semuanya telah mengalami gejala awal minimal berupa rasa kembung di perut. Fakta ini merupakan alasan mengapa pasien dengan batu kandung empedu yang telah mengalami gejala yang minimal seperti kembug, disarankan untuk melakukan operasi pengangkatan kandung empedu, yakni untuk menghindari terjadinya komplikasi yang potensial mengancam jiwa.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


About Us


Digestihealth merupakan penyatuan dari usaha memberikan pelayanan bedah digestif yang baik dengan cara menyatukan pengetahuan dan kemampuan.

Usaha memperdalam ilmu bedah digestif juga dilakukan dengan memperdalam bidang masing-masing agar bidang yang didalami tidak terlalu luas.

Follow us

Design & Develpment by ROYANRM.COM

Chat Dokter Sekarang